Jumat, 27 Februari 2015

MOTIVASI BELAJAR SISWA




Motivasi belajar siswa adalah dorongan yang di berikan oleh guru kepad murid-muridnya untuk melakukan sesuatu dengan tindakan dan tujuan tertentu pada muridnya.
Kegiatan belajar yang melahirkan interaksi unsure-unsur manusia adalah  sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pengajaran ,guru dengan sadar berusaha mengatur lingkungan belajr siswa agar begairah bagi anak didiknya.
Dengan seperangkat teori dan pengalamannya seorang guru juga dapat mempergunakan metode untuk mempersiapkan program pengajaran dengan baik pengajaran dengan baik dan sestematis.
Ø  Metode sebagai alat motivasi ekstrinsik
Ø  Metode sebagai strategi pengajaran
Ø  Metode sebagai alat mencapai tujuan
Sejauh ini motivasi belajar siswa smk sudah mulai berkembang ,pentingnya motivasi bagi siswa adlah untuk membangun karakteristik pribadi siswa yang cerdas ,kreatif,dan inovatif.Dalam hal ini terdapat berbagai macam cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk motivasi belajar anak muridnya yaitu :
Ø  Membangkitkan gairah dan semangat belajarnya
Ø  Interaksi antara guru dan murid harus terjadi interaktif dan edukatifantar guru dan anak didiknya,ketika guru menyampaikan bahan pengajaran kepada anak didiknya di kelas
Ø  Bahan mengajar laebih mudah di serap oleh murid
Ø  Waktu mengajar hendaknya para guru sebanyak mungkin menjadi objek dan murid jadi subjek
Ø  Setelah murid benar-benar mengerti barulah guru memerintah mmengerjakan tugas yang tujuannya memastikan murid benar-benar sudah mengerti. 
C.Pengaruh-pengaruh motivasi belajar siswa
Misi pendidikan adalah menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan,kerena pendidikan slalu menghadapi maslah.sebabnya karena pembangunan sendiri slalu mengikuti tuntutan zaman yang slalu mengalami perubahan,masalah yang di hadapi dinia pendidikan sangat luas dan kompleks.
D.Faktor-faktor yang menimbulkan motivasi belajar murid,ada tiga
1.       Adanya kebutuhan
2.       Adanya pengetahuan tentang pengetahuan dirinya
3.       Adanya aspirasi atas cita-cita
1.Adanya kebutuhan
Pada hakekatnya semua tindakan yang dilakukan manusia adalah memenuhi kebutuhan fisik maupun fisikis,oleh karena kebutuhan dapat di jadikan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa,misalnya siswa ingin mengetahui isi suatu buku ,keinginan untuk mangetahui isi buku tersebut  dapat menjadi pendorong yang kuat untuk belajar mempelajarinya,sebab apabila ia sudah mempelajari buku tersebut maka ia sudah memenuhi kebutuhannya untuk mengetahui  isi buku tersebut.
2.Adanya pengetahuan tentang kemajuan dirinya,
mengetahui kemajuan yang telah di peroleh dirinya baik berupa peristasi,pengalaman dan sebai nya merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa,oleh sebab itu dengan mengetahui prestasi dan pengalaman yang telah di peroleh,siswa akan dapat menentukan dirinya telah mencapai kemajuan atau bahkan kegagalan,dengan demikian siswa akan terdorong untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi baik nya,dan akan mengoreksi diri untuk memenuhi sebab-sebab kegagalan nya,karena itu penting sekali adanya penilayan atau evaluasi terhadap kesuluruhan kegiatan siswa secara kontinyo
3.Adanya aspirasi cita-cita
                Adanya aspirasi cita-cita dalam belajar yang menjadi tujuan hidip siswa akan menjadi pendorong bagi seluruh kegiatan nya dan pendorong bagi belajar nya.Aspirasi atau cita-cita nya tersebut sangat di pengaruhi oleh tingkat kemampuan siswa itu sendiri.Siswa yang memiliki tingkat kemampuan yang baik akan menpunyai cita-cita yang lebih realities jika di bandingkan dengan siswa yang memiliki tingkat kemampuan yang rendah .Dalam melaksanakan pendidikan sering di jumpai bahwa motivasi instrinsik yang demikian itu tidak selamanya di miliki oleh peserta didik atau siswa,karena itu penddidik harus berusaha sebaik-baik nya untuk menimbulkan motivasi jenis lain untuk diri siwa yaitu apa yang di sebut ekstrinsik.
                Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi ekstrinsik adalah : Ganjaran,Hukuman,Masing-masing faktor tersebut akan saya jelaskan di bawah ini
A.      Ganjaran
Ganjaran merupakan alat yang dapat menimbulkan motivasi ekstrinsik,ganjaran ini dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk belajar lebih giat dan baik lagi.Ganjaran yang di berikan oleh pendidik pada murid nya dapat di bedakan menjadi empat yaitu :
1)      Pujian
Pujian adalah bentuk reinforcement yang proses dan sekaligus merupakan motivasi yang baik oleh karena itu seorang guru harus mampu memberikan pujian secara tepat.Dengan pujian yang tepat akan menumpuk suasana yang menyenangkan dan mempertinggi gairah belajar.
2)      Penghormatan
Ganjaran penghormatan ini ada dua macam yaitu :
a)      Berbentuk sebagai penubatan yaitu anak yang mendapat penghormatan di umumkan dan di tampilkan di hadapan teman-teman nya baik itu teman-teman di kelas,teman-teman satu sekolah atu mungkin juga di hadapan para teman dan orang tua siswa.Misalnya pada waktu perpisahan yang di adakan akhir tahun,pada saat itu di tampilkan siswa yang telah berhasil menjadi bintang kelas
b)      Berbentuk pemberian kekuasaan untuk melakukan sesuatu.Misalnya anak yang berhasil mengerjakan suatu soal yang sulit di suruh mengerjakan di papan tulis untuk di contoh teman-teman nya,anak yang rajin di serahi wewenag untuk meng urusi perpostakaan dan sebagai nya
3)      Hadiah
Hadiah ini merupakan ganjaran yang berbentuk pemberian barang atau yang di sebut juga materel.Dengan demikian hadiah tersebut siswa akan termotivasi untuk belajar guna mempertahankan prestasi belajar yang telah di raih dan tidak menutup kemungkinan akan mendorong siswa lain nya berlomba-lomba dalam belajar.
4)      Tanda penghargaan
Tanda penghargaan di sebut juga ganjaran simbolis,ganjaran simbolis dapat berupa surat-surat tanda penghargaan,surat tanda jasa,setifikat-sertifikat,piala-piala dan lain-lain,ijazah atau surat tanda tamat belajar yang di berikan kepada siswa,di samping berpungsi sebagai laporan pendidikan,tidak lain adalah tanda penghargaan atas berhasil nya siswa menyelasaikan pelajaran nya.Pada umumnya ganjaran simbolis ini lebih besar pengaruh nya terhadap kejiwaan siswa,tanda penghargaan yang di peroleh siswa merupakan sumber pendorong bagi perkembangan siswa selanjutnya.
Description: juara-olimpiade-kimia130726a.jpg
B.      Hukuman
Hukuman terhadap siswa yang sudah di didik di tingkat menengahbatas boleh dilakukan seadanya saja di kerenakan pada usia beranjak dewasa kebanyakan hukuman bisa menimbulkan adanya perlawanan atau bantahan terhadap guru,jadi sebaiknya hukuman dilakukan jika memang harus di lakukan terhadap siswa yang benar-benar melanggar tat tertib sekolah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar